Breaking News

About

Senin, 27 Februari 2017

Persamaan Dasar Akuntansi

Secara umum akuntansi adalah seni mencatat, mengikhtisarkan, mengelompokkan suatu kejadian ekonomi sehingga menghasilkan sebuah laporan keuangan yang berguna bagi pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan. Namun, dalam kenyataanya Akuntansi tidak hanya berkutat di seputar laporan keuangan saja, akuntansi merupakan ilmu yang sangat luas dari hal itu.

Akuntansi digunakan oleh berbagai pihak, baik internal maupun eksternal suatu perusahaan,organisasi,maupun perorangan. Pihak internal disini diantaranya adalah manejer selaku pengelola perusahaan, direktur, karyawan, dll. Sedangkan pihak eksternal yang membutuhkan akuntansi suatu perusahaan diantaranya Pemerintah, investor, mahasiswa, dll. 

Didalam dunia akuntansi, dikenal istilah Persamaan Dasar Akuntansi (PDA). PDA merupakan ilmu dasar yang wajib dikuasai oleh seseorang yang belajar ataupun menggunakan akuntansi. Karena setiap kegiatan dalam akuntansi tidak akan terlepas dari hal ini. Persamaan Dasar Akuntansi adalah rumus pokok dari setiap transaksi akuntansi yang menunjukkan hubungan antara komponen akuntansi yaitu Aset, Kewajiban dan Ekuitas (Modal). 

Hubungan antara Aset, Kewajiban, dan Ekuitas dapat dilihat dalam Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) berikut ini :
Harta (Aset) adalah harta atau kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang mempunyai nilai manfaat baginya, baik manfaat nilai panjang maupun nilai jangka pendek. Sedangkan kewajiban (Liabilitas) adalah hak pihak lain yang harus dilunasi atau dibayar oleh perusahaan atas transaksi ekonomi yang terjadi sebelumnya untuk memperoleh atau menambah aset. sedangkan ekuitas (modal) adalah hak milik dari pendiri ataupun pemilik (baik pribadi maupun investor) atas aset perusahaan tersebut.

Dalam PDA diatas dapat digambarkan bahwa aset perusahaan didapatkan melalui dua transaksi, yaitu kepemilikan aset yang berasal dari pinjaman/hutang terhadap pihak lain dan kepemilikan aset yang berasal dari pemilik perusahaan itu sendiri, sehingga terbentuklah persamaan dasar akuntansi diatas.

Setiap transaksi/kejadian ekonomi yang terjadi dalam perusahaan akan mempengaruhi komponen dalam PDA diatas. 
untuk memahami persamaan dasar akuntansi diatas, baca  dan pahami ilustrasi dibawah ini :

"Anda mempunyai uang sebesar 50jt Rupiah, kemudian anda memutuskan menggunakan semua uang tersebut sebagai modal untuk mendirikan sebuah usaha Toko Buku yang menjual berbagai macam buku sekolah maupun buku umum".

nah, dari ilustrasi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa :
Kas Toko Buku anda pada awal berdirinya sebesar Rp. 50jt. Kas tersebut berasal dari modal anda pribadi.
Kas termasuk kelompok harta, sedangkan modal pribadi termasuk kelompok ekuitas maka dalam persamaan dasar akuntansi akan mempengaruhi kelompok Harta dan kelompok Ekuitas. yaitu Harta Perusahaan anda bertambah 50jt dan modal anda juga bertambah 50jt

Harta = Kewajiban + Ekuitas
50jt = 0 + 50jt

Bagaimana? Mudah Bukan?

#accounting is easy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By