Breaking News

About

Selasa, 03 November 2015

Buku Sistem Informasi Akuntansi Karangan James A. Hall

SISTEM INFORMASI DARI PERSPEKTIF AKUNTAN


1. Memahami aliran informasi utama dalam lingkungan bisnis
                Informasi sangat penting dalam sebuah perusahaan. Informasi tersebut penting bagi para pengambil keputusan dan juga orang-orang yang ada di dalam perusahaan untuk memenuhi kebutuhan internal. Arus informasi juga dibutuhkan di luar perusahaan, seperti pemerintah, investor, dan pemegang kepentingan lainnya.
                Dalam sebuah perusahaan, secara horizontal dapat dibagi menjadi beberapa tingkat aktivitas. Berbagai aktivitas ini terdiri atas kegiatan perusahaan yang berorientasi pada produk, seperti produksi, penjualan, dan distribusi. Pada tingkat dasar, terdapat manajemen operasional yang secara langsung bertanggung jawab atas pengendalian operasional harian. Tingkat selanjutnya disebut manajemen menengah yang bertanggung jawab atas aktivitas perencanaan dan koordinasi jangka pendek yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Pada tingkat paling atas, disebut manajemen puncak bertanggung jawab atas perencanaan jangka panjang serta menetapkan berbagai tujuan dari perusahan.
                Setiap tingkatan masing-masing membutuhkan informasi sesuai kebutuhannya. Informasi mengalir dalam dua arah, yaitu arus horizontal, yang mendukung berbagai pekerjaan tingkat operasional dengan informasi yang terperinci mengenai berbagai transaksi bisnis yang meliputi kegiatan penjualan, pengiriman barang, penggunaan bahan baku, tenaga kerja, dan sebagainya. Kedua yaitu arus vertical, yaitu memberikan informasi secara ringkas mengenai aktivitas operasional dan lainnya ke semua tingkat manajer sehingga pihak manajemen dapat menggunakan informasi untuk keperluan perencanaan dan fungsi pengendaliannya yang kemudian akan disalurkan informasi ini dari para manajer senior ke manajer junior dalam bentuk instruksi, anggaran untuk kinerja perusahaan yang lebih baik. Untuk pihak eksternal perusahaan, seperti mitra dagang dan pemegang kepentingan, informasi perusahaan dapat disalurkan dalam bentuk laporan keuangan, pengembalian pajak, dan informasi perdagangan saham.      
2. Memahami perbedaan antara system informasi akuntasi dengan system informasi manajemen serta transaksi keuangan dan nonkeuangan
                Sistem adalah kelompok dari dua atau lebih subsistem yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan yang sama. Suatu system disebut subsistem ketika dipandang sebagai komponen dari sitem yang lebih besar. Sebuah subsistem dianggap system ketika itu adalah focus perhatian. Terdapat dua system dalam system informasi, yaitu Dekomposisi Sistem adalah sebuah proses yang membagi system menjadi berbagai bagian kecil sehingga dapat dengan mudah melihat dan memahami hubungan antara subsistem. Dan Interpedensi Subsistem adalah keefektivitas fungsi serta interaktif antara subsistem dapat mencapai tujuan dari suatu system. Jadi, bila subsistem yang penting rusak, maka akan mengganggu subsistem yang sehingga mengakibatkan system akan gagal mencapai tujuannya.
                Sistem informasi adalah serangkaian proses pengumpulan data sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna bagi penggunanya.
                Transaksi adalah kegiatan perusahaan. Kegiatan ini bersifat keuangan dan non keuangan. Transaksi keuangan adalah kegiatan ekonomi yang mempengaruhi aktiva dan ekuitas perusahaan, yang dibagi dalam berbagai akun dan diukur dalam berbagai ukuran keuangan. Transaksi nonkeuangan adalah semua kegiatan yang diproses system informasi perusahaan tetapi tidak termasuk dalam transaksi keuangan.
                Kerangka kerja system informasi terbagi menjadi dua, yaitu system informasi akuntansi (SIA) dan system informasi manajemen (SIM). SIA terdiri atas tiga subsistem, yaitu system pemrosesan transaksi yaitu yang mendukung operasi bisnis harian melalui berbagai dokumen serta pesan untuk para pengguna di seluruh perusahaan. Kedua, system buku besar atau pelaporan keuangan yang mengukur dan melaporkan kondisi keuangan perusahaan. Dan ketiga, system pelaporan manajemen yang menydiakan berbagai laporan yang dibutuhkan yang berguna untuk pengambilan keputusan. SIM adalah proses transaksi nonkeuangan yang tidak dilaporkan pada sistem informasi akuntansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By