Breaking News

About

Rabu, 01 Februari 2017

Panduan Lengkap Komputer Akuntansi ( MYOB Accounting)

         Panduan Lengkap Penyelesaian Transaksi Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan Komputer Akuntansi (MYOB).
DIHIBAHKAN OLEH : ABU LUTHFI MAHMUDI AL FAATHI (ali.mahmudi_pati@yahoo.com

Kasus yang disajikan merupakan LKS SMK tahun 2010.


Prinsip Akuntansi Perusahaan
 1.      Penyusunan Laporan Keuangan
Laporan keuangan disusun berdasarkan prinsip harga perolehan dan disajikan setiap akhir tahun
2.      Kas Kecil
Untuk pengeluaran kas sehari-hari dalam jumlah dibawah Rp 1.000.000,00 digunakan dana kas kecil dengan sistem dana tetap (Impress Fund System). Dana Kas Kecil ditetapkan sebesar Rp 5.000.000,00 dan akan diisi kembali pada setiap akhir bulan.
3.      Kas di Bank
Untuk pengeluaran diatas Rp. 1.000.000,00 dibuatkan Perintah Penarikan Cek (PPC). Semua penerimaan kas akan disetorkan ke bank pada hari diterimanya, dalam hal penerimaan kas merupakan hari Sabtu & Minggu akan disetorkan pada hari Senin berikutnya.
4.      Piutang Dagang
Untuk mengantisipasi piutang dagang yang tidak dapat ditagih perusahaan membentuk cadangan kerugian piutang. Beban kerugian piutang ditetapkan sebesar 5% dari saldo piutang dagang di akhir periode akuntansi.
5.      Persediaan Barang Dagangan
Persediaan barang dagangan dinilai berdasarkan prinsip harga perolehan dengan metode rata-rata bergerak (moving average) dan dicatat dengan metode perpetual (perpetual method).
6.      Aktiva Tetap
Aktiva tetap berwujud yang dimiliki perusahaan dicatat berdasarkan prinsip harga perolehan dan disusutkan dengan metode garis lurus (straight line method).
7.      Hutang Asuransi
Perusahaan mengasuransikan seluruh produk yang dijualnya untuk menjamin mutu barang. Premi asuransi sebesar 0,2% dihitung dari harga jual sebelum PPN. Premi asuransi akan disetorkan secara kumulatif (tahunan) oleh perusahaan pada awal periode berikutnya.
8.      Pembelian
Setiap pembelian diperhitungkan PPN Masukan (VAT In) 10% dari Dasar Pengenaan Pajak (Harga Beli) dan Faktur Pajak Standar diterima pada tanggal terjadinya pembelian.
9.      Penjualan
Setiap terjadi transaksi penjualan langsung diterbitkan Faktur Pajak Standar dan diperhitungkan PPN Keluaran (VAT Out) 10% dari Dasar Pengenaan Pajak (Harga Jual+Asuransi).

(Download File Lengkap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By